Powered By Blogger

Sabtu, 18 Juni 2011

Tips Singkat Bagaimana Belajar Efektif

Banyaknya pelajaran yang mesti kita pelajari di sekolah membuat kita menjadi harus mencari cara untuk bisa menguasai seluruh pelajaran tersebut. Padahal waktu yang kita punya terbatas. Belum lagi harus mengerjakan PR, tugas-tugas rumah, mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler/les, dll. Untuk mengatasi hal itu, kamu butuh tahu cara belajar yang efektif, sehingga meskipun banyak pelajaran yang mesti kita pelajari, kita tetap bisa melakukan aktifitas lain.
Ulang kembali pelajaran yang telah di dapat di sekolah, lalu buat kesimpulan / ringkasan menggunakan kata-katamu sendiri. Ada berbagai cara untuk membuat kesimpulan. Misalnya dengan membuat tabel, membuat ringkasan di kartu dengan menyertakan gambar-gambar yang menarik, menulisnya dengan pulpen warna-warni, dll. Kesimpulan tersebut dapat kamu gunakan untuk belajar kembali di waktu senggang maupun menjelang ulangan.
Konsentrasilah dan pahami dengan baik ketika guru menerangkan pelajaran. Jika ada yang belum kamu mengerti, bertanyalah kepada guru / teman yang sudah paham.
Buatlah jadwal belajar harian yang disesuaikan dengan jadwal pelajaran di sekolah.
Catat tanggal-tanggal ulangan maupun ujian bersama. Hal ini dilakukan agar kamu bisa melakukan persiapan dari jauh-jauh hari dalam menghadapi ulangan / ujian. Jangan belajar mendadak menjelang ulangan, karena kurang efektif.
Perhatikan waktu yang menurut kamu paling oke untuk belajar. Ada orang yang lebih bisa berkonsentrasi ketika belajar di malam hari. Namun, ada juga yang lebih bisa berkonsentrasi di waktu sore.
Jangan lupa beristirahat. Waktu yang ideal untuk belajar adalah 50 menit ditambah waktu untuk istirahat. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan belajar kembali.
Belajar sambil mendengarkan musik juga dapat menjadi pilihan. Ada baiknya kamu memilih musik yang tenang tapi menggugah, misalnya musik klasik Beethoven atau Mozart.
Jangan lupa dengan kondisi badan. Kondisi badan juga turut mempengaruhi kamu dalam belajar. Oleh karena itu, makanlah makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan tidur yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar